Bawuran, Desa Terpilih Mengikuti Bimtek SIDEKA-NG

  • Nov 19, 2020
  • bawuran
  • Umum, Peningkatan Kapasitas

Lensa Bawuran - Di masa Pandemi Covid19 saat ini, kebutuhan tentang produk digital sangat diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, dibutuhkan pula kemahiran penyediaan layanan untuk memudahkan masyarakat menikmati teknologi. Salah satu bentuk kebutuhan teknologi informasi yang diperlukan adalah adanya pelayanan informasi dan persuratan di masyarakat desa.

Kominfo pusat Jakarta, mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi yang menjawab kebutuhan teknologi infomrasi ini, yaitu aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan - Next Generation (SIDEKA-NG), Selasa (17/11) hingga berakhir besok Jumát (20/11), bertempat di Hotel Swissbell Yogyakarta. Desa Bawuran sendiri menjadi salah satu desa terpilih yang berkesempatan mengikuti bimtek ini.

Dalam bimtek ini, aplikasi yang digunakan masih dalam tahap development, jadi masih belum diterimakan secara resmi kepada pemerintah daerah masing-masing. Aplikasi ini akan terus dikembangkan yang diperkirakan dapat selesai di tahun 2021. Diperkenalkan pula sistem layanan desa yang merupakan bentuk persuratan yang banyak dibutuhkan oleh warga masarakat pada umumnya. Selain layanan persuratan, juga diperkenalkan website desa yang disitu telah diberikan nama domain desa masing-masing. Dalam kesempatan ini, konten yang ada di website dapat diubah sesuai kebutuhan sesuai kondisi lokal masing-masing desa, sehingga dapat tercapai website yang mampu memberikan informasi yang tepat.

Peserta yang hadir merupakan unsur dari PMD, Kominfo, serta admin dan operator tingkat Desa yang berasal dari berbagai Kabupaten yang ada di DIY, Kalimantan dan Sumatera. (AIS)